SARJANA MENGANGGUR

Pa kabar teman2 semua??? semoga selalu bisa tersenyum yah, nantinya bisa mengurangi strezz yang mendera… hehehe

Kalian pernah gak ngerasa takut kalo nantinya kita gak bisa jadi sesuatu yang membanggakan???
Nah, sekarang saya lagi merasakan hal itu, takut banget kalo nanti gw gak bisa jadi orang yang sesungguhnya….
pas lulus nanti gak bisa dapet kerjaan yang layak…
padahal ortu kita udah nyekolahin kita 12 tahun sampe SMA trus kita kuliah dengan biaya yang makin membengkak aja…selama 4 tahun atau lebih…

Suka sedih yah kalo ngebayangin hal itu bisa terjadi pada diri kita….
Sarjana Menganggur???
Sungguh memprihatinkan, Menurut pernyataan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi di Indonesia lebih dari 740.206 Sarjana Menganggur.
Mereka menganggur dengan alasan kompetensi ilmu yang tidak sesuai, lulusan yang tidak terserap, sarjana lulusan dari program studi yang sudah jenuh.

Lulusan dari Fakultas Ilmu Sosial dan Politik serta Fakultas Ekonomi sudah sangat banyak, tapi masih kurang dibutuhkan dalam dunia kerja.
hm… kenapa yah???
Sebab-sebab tingginya pengangguran terdidik disebabkan karena: pertama, lulusan sarjana tidak sesuai dengan kebutuhan tenaga kerja. Program studi (Prodi) yang dibuka oleh berbagai PT tidak sesuai dengan keahlian yang dibutuhkan dalam dunia kerja. Banyak Prodi di PT masih diminati, padahal sebetulnya lowongan kerjanya sudah mengalami kejenuhan. Sebagai contoh, Prodi Kesehatan sudah mengalami tingkat kejenuhan sebesar 10 persen, Teknik 20 persen, MIPA 5 persen dan Pertanian 15 persen. Prodi yang paling tinggi tingkat kejenuhannya adalah Ilmu-ilmu sosial sebesar 50 persen (Irwandi, 2008). Masyarakat atau calon mahasiswa tidak memiliki informasi yang lengkap tentang masalah ini.

Masalah-masalah seperti ini seharusnya dikaji tanpa perlu saling menyalahkan.
Salahkan diri sendiri, mulai dari pelajar, mahasiswa, Dosen, pembuat kurikulum, menteri pendidikan, DPR dan Presiden. Yang tujuannya tentu untuk mengevaluasi dirinya, untuk perbaikan dimasa mendatang.

Harapan Pemerintah untuk para sarjana tentu tinggi, bagaimana agar sarjana tersebut mampu mengelola sumber daya alam yang sangat melimpah dan mampu meningkatkan kulaitas sumber daya manusia Indonesia secara keseluruhan.
Agar sarjana bisa lebih Kreatif, mempunyai jiwa Entreupeneur dan tentunya mengabdi kepada negara.
… semua orang juga tau kalo cuma kaya gitu mah… tp kita butuh yang lebih realistis!!!

Hehehe…. iya juga, kalo cm gitu mah emang udah banyak yg bilang….
saya emang bukan pakar tentang masalah beginian…
ya, tp saya punya beberapa saran aja untuk kita yang masih takut menghadapi masa depan yang masih lom jelas….

Daripada kita nganggur n ilmu kita gak tersalurkan kita bisa juga Ngajar, buka kursusan.
Dan bila kamu sarjana yang ingin mengabdi pada negara, (biasanya gaji atau penghasilannya kecil) Nah, masih banyak kan anak-anak Indonesia yang belum mengenyam pendidikan atau putus sekolah… inilah tugas mulia, dan tentunya bukan pengangguran lagi khan??

Atau kaya anak ITB yang kreatif membuat boneka rumput lucu. Tp Ibu sering bilang kalo mau jadi entrepreneur mah mendingan buka aja yang berhubungan ama MAKANAN! Karena semua orang butuh MAKAN… hehehe

Atau, kalo yang suka Ngenet, bisa juga cari duit lewat Internet. Karena udah banyak banyak juga program-program yang bisa menghasikan uang, contohnya PTC, REVIEW, ato masih banyak lagi deh yang lainnya….

Cerita singkat seorang sarjana
Akibat ngangur akibat susahnya nyari pekerjan, akhirnya seorang lulusan ITB
terpaksa menerima tawaran bekerja di kebun binatang. Akhirnya mulailah si insinyur ini bekerja dengan jabatan monyet-monyetan.
setiap harinya ia harus betah mengunakan baju monyet, menguyah kacang, layaknya monyet asli. juga tak kalah seru dengan ,monyet sunguhan yaitu melompat2 dg lincahnya.
akhirnya pengunjung pun mulai tertarik untuk menyaksikan si monyet yg pintar ini (gimana engak, wong lulusan ITB). sayang sekali akibat terlalu bersemangat akhirnya ia jatuh ke dalam kandang buaya. “tamatlah riwayatku, apes bener jadi orang “pikirnya,..
sementara mulut buaya sudah terbuka dg lebar. akhirnya ketika ia sudah begitu dekat dg mulut buaya,dr dlm mulut buaya terdengar suara berbisik..jgn takut mas,,kami dari UI”
Maaf bukan maksud untuk menjelek-jelekan 2 PTN Hebat ini. Cuma untuk perenungan aja….

😀

About octameliapurnamasari

i m simple girl from Indonesia,, doing my economic school in university of lampung Indonesia. I were born on 03_oktober_1991 in Indonesia . my reLigion is Isam.. ALLAH is the only god and Nabi Muhammad is HIS mesanger.. AL-QURAN is the holy kitab.. MASJID is my favorite place,, I want succes in world and in real world afterlife.. my dream is stay in jannah with all people who I LOVE :) I love pink n I Love AC Milan I love my parents n my parents also my self. :) I hate liar and cigrate and also smoker

Posted on January 18, 2012, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: